MPLS dan Scouting Day 2023

MPLS SMA Negeri 1 Ngantang tahun 2023 kali ini mengusung tema yaitu tema Harry Poter. Dimana setiap kelas memiliki nama-nama yang berbeda di mulai dari Harry Poter, Ron Weasley, Hermonie Granger, Draco Malfoy, Professor Snape, Rubeus Hagrid, Lord Voldemort, Sirius Black.

Sebelum diadakanya MPLS, SMA Negeri 1 Ngantang mengadakan pra MPLS pada hari Jumat tanggal 14 Juli 2023. Pra MPLS diisi dengan apel pagi, senam, school tour, pengenalan pembiasaan sekolah, persiapan MPLS, pertunjukan gamelan, dan makan bersama.

Sekarang yang ditunggu tunggu nih yaitu MPLS Smangaters!!! MPLS Smangaters dilakukan pada tanggal 17, 18, 20, 21 Juli 2023. Pada MPLS tersebut siswa-siswi diberikan materi oleh guru-guru ( tata tertib, kurikulum merdeka, kontrak pembelajaran). Selain itu juga ada materi dari kakak-kakak duta SMA Negeri 1 Ngantang mengenai pergaulan bebas dan juga ada game-game seru dari kakak-kakak osis .

Kemudian adanya lomba membuat mading dengan menggunakan barang bekas.

Hasil lomba ini diperlombakan loh! Kelas-kelas berlomba untuk membuat mading yang paling bagus, dan yang paling bagus akan mendapatkan hadiah! Terus siapa sih yang menang? Wah pasti Finers semua penasaran kan? Jadi pemenang lomba ini dimenangkan oleh kelas x-7 ( Lord Voldemort ) dan kelas x-8 ( Sirius Black ). Selamat ya!!! kelas x-7 dan x-8 semoga kalian tidak berhenti memberikan karya-karya yang bagus. kelas yang belum menang kalian jangan menyerahnya masih ada banyak kesempatan lain!!! Terus semangat!!! Akhirnya sampai juga di penghujung hari terakhir MPLS yang ditutup dengan demo eskul, demo double track, tukar kado oleh seluruh peserta MPLS, serta pemberian kesan pesan pada kakak-kakak osis, dilanjutkan persiapan scouting day, dan yang terakhir apel penutup.

Setelah MPLS berakhir, hari berikutnya dilanjutkan dengan Scouting Day. Dari nama kegiatannya saja udah keliatan seru ya, tapi SCOUTING DAY kali ini sungguh tidak terduga. Kira-kira apa yaa?? Mari kita simak rentetan kegiatan SCOUTING DAY kami pada tanggal 22 Juli 2023 tepatnya pada hari Sabtu dengan tema “KUPIYA BANYU PUNIKA DWAJA ADI BUNTAR” yang berarti‚Äúpengalaman adalah guru paling berharga bagi kita”.

Pastinya kegiatan ini diikuti oleh member baru SMANGATERS pada minggu yang sama dengan kegiatan MPLS, dengan kakak-kakak Ambalan AJUSKA berserta pengurus OSIS yang menjadi panitia penyelenggaraannya. Kegiatan dilaksanakan selama 1 hari dengan berbagai plot twist yang terjadi.EMANG BWOLEEEH SE PLOT TWIST ITUU????

SCOUTING DAY di mulai dengan apel pembukaan pada pukul 07.00 WIB, lalu dilanjut dengan senam pagi dan pembagian sangga yang beranggotakan maksimal 8 orang. Agar lebih seru kakak-kakak panitia memberikan beberapa pertanyaan dan juga mempersilahkan para tamu ambalan untuk menunjukkan bakat yang mereka punya, untuk mewakili sangganya agar segera berangkat melewati pos-pos yang telah disediakan panitia.

Tiba di pos 1 para tamu ambalan diberikan materi dan praktik penggunaan kompas, bagi sangga yang dapat menggunakan kompas dengan benar maka mereka akan dipersilakan untuk lanjut ke pos 2. Di pos 2 diuji pemahaman tentang tali menali. Selanjutnya di pos 3 inilah uji mental telah tiba dengdengdeng.. Dibawah terik matahari kita dilatih baris-berbaris dengan diiringi suara lantang dari kakak panitia. Dalam perjalanan menuju pos 4 kita menelusuri bentah sawah yang berkelok-kelok, naik turun, melewati sungai dengan diiringi suara percikan air dan pemandangan gunung yang amat menenenangkan dikala lelahnya perjalanan.  Di pos 4 dengan baiknya kakak-kakak panitia memberikan air mineral yang diselingi dengan materi p3k. Akhirnya.. telah tiba pada pos 5 di sinilah kita bermain game yang cukup seru dan menantang, yaitu menggiring bola keatas tabung besi yang berlubang agar keluar dari tabung dengan menggunakan stik balon.

Sesampainya di sekolah, kita disuguhi dengan pemandangan dari beberapa teman kita yang jatuh pingsan. Pada saat tiba waktu untuk ishoma, tiba-tiba kita di kejutkan dengan kemunculan 1 keluarga bule yang ikut melihat petunjukkan seni dari kakak-kakak Ambalan yang diiringi dengan seni tari dan karawitan loh. Untuk mengakhiri kegiatan SCOUTING DAY tahun ini pastinya dilakukan apel penutupan. Di ujung kegiatan apel pada pukul 14.00 WIB ini nih kejutan menegangkan dari salah satu kakak panitia kita yang tiba-tiba berteriak keras AARRGHHHH!!!!!!! yang membuat kita bertanya-tanya “Ada apaan tuh??” Eh ternyata kakak pembina kami itu mengalami kesurupan, sehingga keluarga bule yang tadinya asik hunting photo seketika kalang kabut berhamburan kabur.. Memang tidak banyak kegiatan yang tertanam dalam pikiran kami setelah melaksanakan Scouting Day tahun ini, tapi kami ucapkan terimakasih banyak untuk kakak panitia yang telah berbaik hati untuk tetap mengadakan kegiatan ini dan dengan semangat menjalankan tugasnya walau ada banyak rintangan yang dihadapi. Semoga kegiatan di tahun berikutnya bisa lebih terkenang dalam hati dan pikiran para tamu ambalan. Dari kejadian menegangkan yang kami jabarkan tadi, kami harap para kakak panitia dan tamu ambalan selanjutnya untuk selalu menjaga perkataan dan perbuatannya dimanapun apalagi dalam kegiatan yang sakral dan menguras tenaga seperti Scouting Day ini yaaaa!!

Leave a Reply